Memukau Wisata Pulau Lutungan Dengan 6 Foto

Xanana Firmansyah

naik itu hitungan anak tangganya itu tidak pernah ada yang sama nah jika sempatan kali ini kami menyusuri makam Sultan atau raja raja dan tobokito . Ditulis yang berada di puncak gunung pulau lutungan ataupun catokan au jadi untuk sampai ke pulau lutungan kita harus netspeak dulu sekitar 20 menit open . . oh iya Pulau lutungan ini rame dikunjungi hari Sabtu dan Minggu pengunjung ataupun ziarah .

Bukan hanya masyarakat Tolitoli akan tetapi banyak dari luar Kabupaten Tolitoli dan bahkan dari luar provinsi Sulawesi Tengah . . Ada yang menarik sekaligus aneh saat menuju makam raja yang ada di puncak .

Tanduk atau ini baru cerah harus melewati anak tangga yang .

Lumayan banyak di mana ketika menikah anak tangga dan menghitungnya setepong ziarah akan memiliki . Hitungan . Tersendiri dibanding peziarah lainnya dalam artian setiap peziarah jika samasama menghitung anak tangga tidak ada yang sama jumlah itungannya ini menjadi misteri tersendiri bagi peziarah yang memiliki naik tangga .

Menuju puncak tanduk kenal Nah untuk naik ke makam raja Tolitoli .

Ini kita harus melewati tangga tandanya itu lumayan tinggi dan . Di sini ada yang unik setiap pengunjung yang datang kesini ketika naik itu hitunganhitungan anak tangganya itu tidak pernah ada yang sama terus balik lagi . Kita hitung itu jumlahnya beda lagi. seperti itu kata masyarakat disini sih .

Dan pengunjung yang pernah datang kesini . kau setelah sampai di puncak kita bisa melihat makam yang ada di sini yang berjumlah sepuluh makam yang berada di atas ada tiga dan di bawah ada tujuh makam .

Kesemuanya itu makam Sultan atau raja raja dan toboki Tolitoli . disini kita bisa lihat makam yang diatas Puncak .

BACA JUGA:   9 Foto Menarik Sejarah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Foto Yang Menakjubkan

Ya di sini ada tiga . Terus yang makan .

Pertama itu mempunyai kain warna kuning entah apa maksud dan tujuannya terus juga di tengahnya itu ada dua lagi. Nissan jadi Nissan suruhan itu ada empat. jam 02.00 itu ditengah kecil . Terus yang. disampingnya itu makamnya ini ditengah ini mempunyai. nisan itu ada dua terus yang di samping. ini soalnya itu ada lima ya di sana 12. terus yang di tengah itu ada Nissan kecil itu tiga Tapi semua Nisan yang ada di sini terbuat dari kayu Entah ini kayu apa terus di bawah sini ada dua makam yang. rumah ini ya rumah kecil ini namanya itu. . Ada tertulis disana ada tertulis trijani ke fathillah itu terus yang. selanjutnya Abdul Rashid yang di sana Terus yang rumahrumah kedua slot atau yang selanjutnya Hai Di sini ada tiga macam. disini kita . Bisa lihat tiga makam lalu Oh yang terakhir di sini. ada satu makam tapi di . Sini tidak tercantum nama yang punya atau pemilik makam ini tidak sedikit warga ataupun ziarah yang datang ke tempat ini untuk berhajat atau melepas saja Ada pula yang hanya sekedar

Also Read

Bagikan: