Memukau 16 Wisata Masjid Agung Sumenep Foto Yang Menakjubkan

Vicky Astuti

pulau Madura pernah tercatat dalam sejarah sebagai tempat perlindungan bagi Naraya sanggramawijaya dan teras Singosari yang tersisa setelah kerajaan secara tragis Justru harus takluk oleh . Pemberontakan Adipati jayakatwang dari gelanggelang memberi Suaka atau perlindungan tersebut adalah Arya wiraraja seorang Patih senior Kerajaan Singosari yang keras menolak Ekspedisi Pamalayu sehingga harus rela in kedudukannya . Dari Patih kerajaan menjadi Adipati di Sumenep momentum . Inilah yang nantinya .

Menjadi titik tolak bangkitnya telah . Singosari dan berdirinya Kerajaan baru bernama Majapahit salah satu jejak peninggalan . Bersejarah yang masih eksis Sampai dengan saat ini adalah Masjid Agung Sumenep yang terletak tepat di sebelah barat alunalun kota Masjid Agung Sumenep ini cukup populer sebagai destinasi wisata religi bagi para peziarah yang berdatangan . Tidak hanya dari nusantara melainkan juga dari mancanegara rombongan . Peziarah biasanya memanfaatkan fasilitas ruang sehingga atau Pesanggrahan diserap di luar untuk bermalam atau melaksanakan . I’tikaf di beranda masjid sebelum melanjutkan rute sejarahnya masjid di .

Ujung timur pulau Madura ini disinyalir sebagai salah satu masjid dengan perpaduan . Arsitektur multi etnis yang indah unik dan eksotik dibalik kemegahan anexo thisme Masjid Agung yang mulai dibangun pada 1779 masehi . Ternyata menyimpan sebuah catatan menarik jejak perjalanan keluarga pengungsi Tionghoa telah kemudian hari berhasil menggores sejarah di ujung . Timur pulau Madura tragedi Geger Pecinan yang terjadi di Batavia meninggalkan trauma yang belum lagi sirna ribuan nyawa warga Tionghoa di Batavia itu menjadi ihwal migrasi besarbesaran warga Tionghoa ke sejumlah daerah di Jawa tidak berselang lama aksiaksi . Perlawanan terhadap VOC dan sekutunya berkembang meluas . Di Semarang dan kotakota pendudukan . VOC di sepanjang pantai utara Jawa sayangnya perlawanan heroik Laskar Tionghoa tersebut dapat dipatahkan .

BACA JUGA:   Memukau Wisata Masjid Raya Dompak, Oase Di Tanah Gersang Dengan 3 Foto

Dan .

Kekuatan yang tersisa menjadi tercerai berai menyelamatkan diri perjuangan warga Tionghoa .

Mendapat simpati dan dukungan dari sejumlah Adipati sehingga terbangun lah sebuah basis . Perlawanan di Lasem gabungan Laskar Tionghoa dan Jawa yang berjuang gojek tersebut dikenal sebagai Laskar Dampo Awang dengan perlawanan yang heroik mereka . Berhasil menguasai . Rembang namun menderita . Kekalahan saat menyerang Jepara 1742 masehi elit pasukan Tiongkok Jawa yang dilumpuhkan kemudian ditahan beberapa hari di Surabaya sebelum akhirnya digelandang ke Semarang . Dan dengan menumpang kapal dari Batavia mereka diasingkan ke Sri Lanka Lau hunting berhasil melepaskan diri dari sergapan pasukan Kapitan Reiner De klerk bersama beberapa . Kerabat dekat yang menyertai serta seorang cucunya lauk yang .

Yang masih belia mereka berusaha menyelamatkan diri dengan menumpang Perahu Layar menuju Madura Lau yakin bahwa Madura akan . Menjadi tempat pengungsian selanjutnya yang aman sebab dari tutur sejarah . Yang pernah didengarnya Raden Wijaya pendiri Majapahit pernah .

Mengungsi ke Madura Timur dan mendapat perlindungan dari sang Adipati wiraraja Perahu Layar mereka melaju menembus Selat Madura dan Agan asnya ombak sebelum akhirnya Merapat di daratan . Champlong dengan perjalanan darat selama beberapa jam rombongan pengungsi itu Akhirnya sampai di gerbang Kadipaten

Also Read

Bagikan: