Wisata Kuliner Bogor Kota Bogor Jawa Barat

Jayadi Sitorus

Jawa Barat memang terkenal dengan kekayaan kuliner yang begitu beragam dan unik. Salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata kuliner adalah Bogor. Kota Bogor terletak di bagian barat Pulau Jawa, dan memiliki berbagai macam kuliner yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sana. Inilah wisata kuliner Bogor Kota Bogor Jawa Barat yang harus Anda coba!

1. Soto Kuning Pak Badir

Soto Kuning Pak Badir adalah salah satu kuliner legendaris yang ada di Bogor. Terletak di Jalan Paledang, Bogor, restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1980-an. Soto Kuning adalah soto berbahan dasar kuning telur yang rasanya begitu khas dan lezat. Selain itu, di dalam soto tersebut terdapat daging ayam, bihun, dan juga koya (bumbu kacang yang dihaluskan). Soto Kuning Pak Badir buka dari pukul 06.00 hingga 10.00 pagi.

2. Asinan Gedung Dalam

Asinan Gedung Dalam adalah kuliner khas Bogor yang terbuat dari berbagai macam buah-buahan yang dicampur dengan saus kacang yang khas. Kuliner ini sangat cocok untuk disantap ketika cuaca cukup panas. Untuk menikmati Asinan Gedung Dalam, Anda bisa datang ke Jalan Otista, Bogor.

3. Nasi Uduk Kedai Pak Awang

Nasi Uduk Kedai Pak Awang juga merupakan kuliner legendaris di Bogor. Dalam satu porsi nasi uduk, terdapat nasi, lauk-pauk, dan juga sambal. Salah satu lauk-pauk yang wajib dicoba adalah ayam goreng kampung yang begitu gurih. Kedai Pak Awang terletak di Jalan Pajajaran, Bogor.

4. Kue Cubit Bejo

Bagi Anda yang suka makanan manis, Kue Cubit Bejo bisa menjadi pilihan yang tepat untuk disantap ketika berkunjung ke Bogor. Kue Cubit Bejo terkenal dengan rasanya yang begitu lezat dan kenyal. Selain itu, kue ini juga memiliki banyak varian rasa seperti keju, coklat, kacang hijau, dan lain-lain. Kue Cubit Bejo bisa Anda temukan di Jalan Pajajaran, Bogor.

BACA JUGA:   Wisata Kuliner Alam di Bogor

5. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih adalah kuliner wajib yang harus Anda coba ketika berkunjung ke Bogor. Nasi goreng ini terasa begitu gurih dan nikmat, dengan daging kambing yang empuk dan rempah yang khas. Kuliner ini bisa Anda temukan di Jalan Suryakencana, Bogor.

6. Lotek Kalipah Apo

Lotek Kalipah Apo adalah kuliner khas Bogor yang terbuat dari sayuran rebus seperti kacang panjang, tauge, kol, dan juga lontong. Kemudian sayuran tersebut dicampur dengan saus kacang yang khas dan ditaburi dengan kerupuk. Selain itu, Lotek Kalipah Apo juga memiliki cita rasa pedas yang begitu nikmat. Kuliner ini bisa Anda temukan di Jalan Suryakencana, Bogor.

7. Kue Apem Kukus

Kuliner terakhir yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Bogor adalah Kue Apem Kukus. Kue ini terbuat dari beras ketan yang dikukus, kemudian ditaburi dengan kelapa parut dan gula merah yang sudah dicairkan. Rasanya yang manis dan lezat membuat Kue Apem Kukus menjadi salah satu kuliner favorit di Bogor. Anda bisa menemukan kuliner ini di berbagai tempat.

Itulah rincian mengenai wisata kuliner Bogor Kota Bogor Jawa Barat yang wajib Anda coba. Selain itu, Bogor juga memiliki banyak destinasi wisata lainnya seperti Kebun Raya Bogor, Istana Bogor, dan juga Air Terjun Curug Bidadari. Jangan lupa sampaikan komentar dan pengalaman Anda di kolom bawah ini!

Also Read

Bagikan: