Wisata Alam yang Ada di Bengkulu

Hani Laksmiwati

Bengkulu merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi wisata alam yang luar biasa. Terletak di pesisir barat Sumatera, Bengkulu memiliki keindahan alam yang tak kalah mempesona dengan daerah-daerah wisata populer lainnya di Indonesia.

Pantai Panjang

Pantai Panjang merupakan pantai terpopuler di Bengkulu. Panjangnya pantai mencapai sekitar 7 km dengan pasir putih yang lembut. Di pantai ini, pengunjung dapat bersantai dan menikmati keindahan laut serta panorama alam pantai yang sempurna.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) merupakan taman nasional yang terletak di provinsi Bengkulu dan Lampung dengan luas sekitar 356.800 hektar. TNBBS mempunyai beragam flora dan fauna yang tak bisa ditemukan di tempat lain. Di taman nasional ini, pengunjung dapat menyaksikan bunga rafflesia, harimau sumatra, gajah sumatra, dan masih banyak lagi.

Pulau Tikus

Pulau Tikus merupakan pulau kecil yang terletak di Selat Bengkulu sekitar 130 km dari pusat kota Bengkulu. Meskipun ukurannya kecil, Pulau Tikus mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Pulau ini terkenal dengan hutan mangrove dan terumbu karangnya yang indah.

Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah terletak sekitar 70 km di sebelah timur kota Bengkulu. Nama Danau Dendam Tak Sudah berasal dari legenda yang ada di dalamnya. Danau ini terkenal dengan perairannya yang jernih danau ini menjadi tempat favorit bagi para penggemar wisata air seperti memancing dan olahraga air.

Hutan Tanjung Putus

Hutan Tanjung Putus merupakan hutan yang terletak di pesisir barat Bengkulu. Hutan ini merupakan tempat tinggal dari beragam jenis hewan, seperti monyet ekor panjang, lutung, dan masih banyak lagi. Di dalam hutan terdapat juga air terjun yang sangat indah.

BACA JUGA:   Wisata Alam Majalengka Kuningan

Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di pegunungan Selupu Rejang. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 25 meter dengan aliran air yang cukup deras. Di sekitar air terjun ini, terdapat pemandangan alam yang sangat mempesona.

Dari sekian banyak wisata alam yang terdapat di Bengkulu, Pantai Panjang, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Pulau Tikus, Danau Dendam Tak Sudah, Hutan Tanjung Putus dan Air Terjun Batu Dinding adalah destinasi wisata yang paling populer dikunjungi oleh para wisatawan.

Jadi, untuk Anda yang ingin berlibur dan menikmati keindahan alam Bengkulu, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata alam yang telah disebutkan di atas. Happy holiday!

Also Read

Bagikan: