Wisata Alam di Semarang: Menikmati Keindahan Alam Jawa Tengah

Jamalia Wahyuni

Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan wisata sejarahnya seperti Candi Borobudur dan Prambanan. Namun juga terdapat beragam wisata alam yang memukau, yang dapat dijadikan pilihan menghabiskan liburan bersama keluarga ataupun teman-teman. Inilah 7 wisata alam di Semarang yang wajib dikunjungi.

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir merupakan tempat wisata alam yang terkenal dengan pemandangan sunrise-nya yang memukau. Terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, bukit ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sembari menikmati secangkir kopi di pagi hari. Tiket masuk ke Bukit Sikunir hanya sebesar 10 ribu rupiah.

2. Goa Kreo

Goa Kreo menjadi destinasi wisata alam yang menarik di kawasan Ngumpakdalem, Kabupaten Semarang. Keunikan goa ini adalah terdapat sumber air panas yang dapat pengunjung manfaatkan sebagai tempat berendam. Selain itu, goa ini juga menawarkan panorama alam yang asri dan sejuk. Tiket masuk ke Goa Kreo cukup terjangkau, yaitu 12 ribu rupiah.

3. Curug Lawe

Curug Lawe adalah salah satu air terjun yang berada di Kabupaten Wonosobo. Keindahan curug ini dapat disaksikan sepanjang tahun, namun pemandangan yang paling memukau adalah saat musim hujan. Berada di ketinggian 350 mdpl, tiket masuk ke Curug Lawe hanya sekitar 5 ribu rupiah.

4. Telaga Cebong

Berada di kawasan Hutan Wisata Petak 9, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Telaga Cebong menjadi tempat istirahat bagi para traveler yang ingin menikmati keindahan alam Jawa Tengah. Didominasi oleh pepohonan hijau nan rimbun, di tengah-tengahnya terdapat genangan air seluas 18 ha yang dikenal dengan nama Telaga Cebong ini. Tiket masuk ke Telaga Cebong cukup terjangkau, yaitu 3 ribu rupiah per orang.

BACA JUGA:   14 Foto Wisata Situ Cikuda

5. Gunung Ungaran

Gunung tertinggi yang ada di Semarang ini menawarkan panorama alam yang memukau bagi siapa saja yang telah mendaki ke puncaknya. Berada di ketinggian 2.050 mdpl, Gunung Ungaran memiliki jalur pendakian yang dapat diakses dari 3 titik yaitu via Jakarta, via Bandung, dan via Semarang. Tiket masuk ke kawasan Gunung Ungaran gratis, kecuali jika ingin menikmati pemandangan dari atas Menara Pandang yang berada di puncak Gunung Ungaran.

6. Curug Semawis

Terletak di Kabupaten Kendal, Curug Semawis adalah salah satu air terjun yang pengunjung wajib kunjungi. Keindahan alamnya yang memukau membuat banyak orang merasa tidak ingin pulang. Tiket masuk Curug Semawis cukup terjangkau, yaitu sekitar 10 ribu rupiah.

7. Pantai Marina Beach

Beralamat di Jalan Pemuda Baru, Kota Semarang, Pantai Marina Beach menjadi tempat wisata alam yang ramai dikunjungi oleh masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya. Selain memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang biru jernih, Pantai Marina Beach juga menawarkan beragam fasilitas seperti arena bermain, taman bermain, warung makan, hingga hotel berbintang yang dapat digunakan sebagai tempat menginap. Tiket masuk ke Pantai Marina Beach hanya sebesar 5 ribu rupiah per orang.

Also Read

Bagikan: