Wisata Alam Air Terjun Samarinda

Vicky Astuti

Samarinda, kota yang terletak di provinsi Kalimantan Timur, merupakan kota yang kaya akan alam dan budaya. Salah satu objek wisata alam yang terkenal di Samarinda adalah air terjun Samarinda. Air terjun Samarinda merupakan salah satu tempat wisata yang paling dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke Samarinda.

Lokasi

Air terjun Samarinda terletak di hutan Lindung Bukit Bangkirai, yang merupakan kawasan lindung di Samarinda. Letaknya yang berada di tengah-tengah hutan membuat air terjun ini menjadi tempat yang sejuk dan tenang. Untuk mencapai air terjun ini, kita harus melewati jalur pendakian yang cukup menantang, namun perjalanan menuju ke sana akan terbayar dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Keindahan Air Terjun

Air terjun Samarinda memiliki keindahan alam yang luar biasa. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit air yang cukup besar. Selain itu, air terjun ini juga memiliki banyak batu-batu besar yang mengelilinginya dan membuat keindahan alam semakin mempesona.

Di sekitar air terjun Samarinda, terdapat bangunan-bangunan kecil yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan indah di sekitar aliran sungai yang terbentang di bawah air terjun. Jika beruntung, wisatawan dapat melihat keberadaan flora dan fauna di sekitar air terjun seperti kupu-kupu, burung, dan kera.

Kegiatan di Air Terjun

Ada banyak kegiatan yang bisa d lakukan di air terjun Samarinda. Selain menikmati keindahan alam sekitar air terjun, wisatawan juga bisa menyaksikan atraksi-atraksi yang dilakukan oleh wisatawan yang suka dengan adrenalin. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan adalah berenang di kolam alami di bawah air terjun, flying fox, dan berjalan-jalan sekitar hutan.

BACA JUGA:   Wisata Kebun Coklat Blitar: Memanjakan Lidah dan Mata dengan Kesenangan Baru

Mengenai Akomodasi

Samarinda memiliki banyak akomodasi untuk wisatawan. Bila ingin menginap di tempat yang dekat dengan air terjun Samarinda, wisatawan bisa mencari penginapan di sekitar kawasan Bukit Bangkirai. Beberapa penginapan yang ada di sekitar sana adalah camping ground, homestay, serta cottage.

Kesimpulan

Wisata ke air terjun Samarinda bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kita yang ingin berlibur dengan suasana yang berbeda. Air terjun Samarinda menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa, dengan suasana yang tenang dan damai. Selain itu, banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh wisatawan, mulai dari yang suka dengan aktivitas olahraga hingga wisatawan yang senang melihat beberapa flora dan fauna di sekitar hutan.

Also Read

Bagikan: